Agar Bisnis Online Anda Terus Bertahan

bisnis dMempertahankan bisnis online bukanlah hal yang mudah. Hal ini disebabkan oleh ketatnya persaingan bisnis online saat ini. Di samping itu, maraknya kasus-kasus penipuan online membuat banyak penjual online merugi karena banyak pembeli yang membatalkan pesanan atau mengurungkan niat untuk membeli produk secara online. Bagi para pebisnis yang tidak siap menghadapi tantangan ini, tentu mereka akan angkat bendera putih tanda menyerah lebih awal. Btw, jika Anda adalah seorang pebisnis online yang ingin terus bertahan untuk waktu yang lama, sangat disarankan untuk melakukan hal-hal berikut:

Jaga mutu dan kualitas produk

Banyak pebisnis online memilih untuk menurunkan kualitas dan mutu produk mereka agar mereka tidak rugi dan agar bisa terus bersaing dengan pebisnis online lainnya. Hal ini sebenarnya tidak dibenarkan karena dengan menurunkan kualitas produk, citra bisnis online Anda akan turun dan Anda pun akan kehilangan semua konsumen Anda cepat atau lambat. Oleh sebab itu, tetap jaga mutu dan kualitas produk meskipun di luar sana para pesaing Anda menawarkan produk yang sama dengan harga lebih murah tapi kualitasnya masih perlu dipertanyakan. Mungkin Anda akan kehilangan beberapa pelanggan untuk beberapa waktu tapi mereka akan kembali lagi kepada Anda ketika mereka tahu bahwa kualitas dan mutu produk Anda lebih terjamin.

Sediakan layanan yang maksimal

Setiap pemilik bisnis online memiliki cara masing-masing dalam melayani para pembeli. Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak memberikan layanan yang maksimal. Pada umumnya, mereka sering telat membalas komentar pembeli, telat mencari solusi atas komplain pembeli, dan telat mengirim produk yang sudah dipesan. Jika hal ini terjadi di periode awal menjalankan bisnis, kesalahan-kesalahan ini masih bisa dimaklumi karena masih pemula. Namun, jika kesalahan-kesalahan tersebut tidak dipelajari dan dibiarkan begitu saja, tentu hal tersebut akan mengurangi penilaian konsumen terhadap para pemilik bisnis online.

Oleh sebab itu, sediakan layanan yang maksimal selama jam kerja. Di luar jam kerja, Anda boleh menunda respon atau pengiriman. Misalnya, jika bisnis online Anda tutup pukul 5 sore, semua pesanan atau pertanyaan konsumen bisa Anda tanggapi keesokan harinya. Namun ingat untuk memberitahukan hal ini terlebih dahulu kepada konsumen. Di lain sisi, jika Anda membuka bisnis Anda selama 24 jam, Anda harus siap merespon semua komentar dan pesanan para pembeli.

Siapkan banyak strategi untuk menghadapi persaingan bisnis

Menghadapi persaingan bisnis online yang semakin hari semakin ketat, diperlukan banyak strategi jitu untuk hal tersebut. Untuk mendapatkan strategi yang jitu, tentu Anda harus mengumpulkan banyak strategi terlebih dahulu dan mencobanya satu per satu. Sisihkan strategi yang tidak berhasil dan yang berhasil dan kemudian terapkan strategi yang berhasil tersebut. Sebagai contoh, jika penjualan Anda terus meningkat ketika Anda menawarkan harga promo di akhir dan awal bulan, Anda harus tetap mempertahankan strategi ini atau jika penjualan Anda meningkat karena Anda menawarkan program buy 2 get 1 free pertahankan strategi ini sebaik mungkin. Jika strategi menawarkan diskon, promo, dan free product dengan syarat dan ketentuan berlaku sudah dilakukan tapi hasilnya masih nihil, pertimbangkan untuk menawarkan program undian, potongan harga spesial bagi pembeli yang berhasil membawa pembeli baru, voucher, dan lain sebagainya. Semakin banyak strategi Anda untuk menghadapi persaingan bisnis online, semakin besar peluang Anda untuk mempertahankan bisnis online Anda.

Posted under Bisnis Online Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *