Menggunakan Jasa Financial Planner, Pentingkah?

Financial PlannerTahukah Anda, tidak hanya masalah kesehatan tubuh yang perlu dikonsultasikan, tetapi juga keuangan. Mengapa? Secara garis besar yang menyebabkan kacaunya keuangan baik pribadi maupun juga dalam keluarga adalah manajemen keuangan yang buruk. Bahkan, suatu usaha yang tadinya maju bisa gulung tikar karena diakibatkan oleh pengelolaan finansial yang amburadul. Dalam hal ini, solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut adalah menggunakan jasa financial planner atau perencana keuangan. Namun pertanyaan yang sering dikemukakan orang-orang pada umumnya adalah harus atau tidaknya menggunakan jasa tersebut. Sebab, keuangan bisa diatur dengan sendri, berbeda dengan masalah kesehatan yang memang perlu dikonsultasikan apalagi mengalami masalah penyakit yang sangat serius. Apakah Anda juga ingin menggunakan jasa financial planner tapi masih ragu-ragu? Jika iya, Anda bisa ikuti uraian di bawah ini untuk mempertimbangkan jawabannya.

Iya, jika…

Anda mesti menggunakan jasa seorang perencana keuangan jika mengalami masalah berikut:

  • Tidak pandai mengatur pengeluaran dengan baik dan bebas dari masalah keuangan

Mengatur keuangan pada dasarnya bersumberkan pada keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Ketidakmampuan mengatur arus kas besar kemungkinan akan menyebabkan finansial hancur dan bahkan bisa menimbulkan hutang. Bagaimana tidak, jika kebutuhan hidup sudah tidak terpenuhi tentu harus melakukan pinjaman. Semakin tinggi tingkat kebutuhan, tentu akan semakin besar pula beban hutang.

Di samping itu, jasa perencana keuangan juga sangat penting untuk digunakan jika sulit bebas dari problema finansial. Misal dalam usaha yang hendak bangkrut, modal sudah habis, kas kosong, persediaan barang minim, kreditur sudah menagih, bahkan pula sewa gedung akan habis dalam beberapa bulan terakhir. Tentu saja bukan suatu hal mudah dalam menangani masalah demikian, tapi bila menggunakan jasa konsultan atau ahlinya, tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa diatasi dengan keterampilan dan pengalaman yang mereka miliki.

  • Tidak bisa mewujudkan kebutuhan dana di masa depan

Jika sangat sulit rasanya memenuhi kebutuhan dana untuk masa depan, entah itu uang pensiun ataupun dana pendidikan anak, jasa financial planner juga patut dipertimbangkan. Perencana keuangan bisa membantu mewujudkan kebutuhan tersebut dengan berbagai cara yang mereka miliki. Bisa dengan memperkecil keperluan yang tidak penting atau juga mengurangi pengeluaran yang terlalu besar. Dengan demikian, kemungkinan dana bisa tercukupi untuk mempersiapkan kebutuhan finansial di masa yang akan datang. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa konsultasi langsung dengan financial planner silakan tanya-tanya via Twitter.

Tidak, apabila…

Kedua hal di atas patut menjadi alasan mengapa Anda harus mengandalkan jasa financial consulting. Namun, tidak perlu apabila telah menggenggam kedua hal di bawah ini:

  • Menguasai cara mengendalikan keuangan

Jasa seorang konsultan tidak perlu digunakan jika Anda telah menguasai bidang akuntan dan ahli di dalamnya. Sebab, untuk mewujudkan finansial tetap sehat ialah mampu mengendalikan keuangan dengan baik. Belajarlah mulai dari cara mengatur keuangan pribadi baru bisa mengelola keuangan bisnis atau usaha lainnya. Dengan demikian, keuangan dapat terkontrol dengan sehat.

 

  • Memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai produk keuangan

Menanamkan modal di lembaga keuangan atau perbankan adalah satu cara efekftif dan sangat membantu dalam menjaga keamanan keuangan. Namun, setiap produk keuangan mempunyai keutungan dan kelebihan berbeda-beda. Yang terpenting dalam hal ini adalah produk keuangan yang dipilih tidak mengganggu keuangan secara berat. Di sini letak jasa financial consultan penting untuk digunakan agar bisa memilih produk keuangan yang tepat sesuai dengan konsisi keuangan yang dimiliki. Tapi kalau sudah memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang ini, tentunya tidak harus.

Jasa perencana keuangan memang patut diprioritaskan untuk membantu menjaga kesehatan keuangan. Namun demikian tidak boleh sembarangan, pastikan konsultan yang dipilih memilih sertifikat untuk hal ini supaya aman dan nyaman, seperti Certified Public Accountant (CPA), Certified Internal Auditors (CIA), dan Certified Management Accountants (CMA).

Posted under Finansial Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *